Tauge Turunkan Berat Badan

Berat badan kerap menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang mengalami obesitas. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan sehingga bentuk badan menjadi ideal. Namun, ada cara sederhana dan murah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, yaitu mengonsumsi tauge.

Menurut dr. Sisilia, herbalis, tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian hijau dengan ukuran lebih kecil dari sayur-sayuran lain. Tauge baik untuk orang yang menjalani diet karena mempunyai senyawa fitokimiawi dan kanavanin. Senyawa-senyawa tersebut sangat baik untuk menjaga keasaman lambung, melancarkan pencernaan, dan pembentukan asam amino esensial penyusun protein.

Selain itu, zat saponin dalam tauge bisa menghancurkan lemak jahat tanpa merusak lemak baik. Kalium yang terdapat dalam tauge juga mampu memperbaiki fungsi jaringan organ dan sel menjadi lebih baik serta menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan lain dalam tauge antara lain karbohidrat, protein, asam folat, fosfor, seng, potassium, kalium, zat besi, Vitamin A, B, C, dan E, serat, niasin dan energi yang sangat bagus untuk tubuh.

Untuk menurunkan berat badan, cukup dengan makan tauge sebanyak 300 gram setiap pagi dan sore hari.

Tauge bisa dimakan dalam olahan sayur ataupun menjadi campuran gado-gado agar lehih memiliki rasa dan tidak bosan saat memakannya. Jika makan tauge secara rutin serta diimbangi dengan pola makan dan olahraga maka dalam waktu dua minggu maka berat badan akan turun.

Tidak ada efek samping yang ditimbulkan karena berasal dari bahan alami.

Tauge memang dipercaya sebagai makanan penunjang diet karena mengandung sedikit kalori, tetapi memberikan rasa kenyang yang lama. Tetapi dalam berdiet tidak cukup tauge, namun harus diimbangi dengan makanan lain.

Menurut dr. David Fajar Putra, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, diet yang benar adalah diet seimbang serta mencukupi kebutuhan kalori seseorang.

Diet dikatakan seimbang jika tetap menyantap asupan karbohidrat, protein, serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan, lemak dan mineral.

Jika seseorang memerlukan kalori 2000 per hari, maka ketika berdiet dokter akan menyarankan 1500 kalori per hari. Imbangi juga dengan olahraga seperti aerobik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *